Kambing Etawa, ialah kambing yasng bernilai seni tinggi, kontes kambing etawa diadakan iberbagai kota dengan tujuan untuk mencari sang jawara kambing etawa, adapun beberapa kriteria penilain kambing dilihat dari bergagai sisi, baik jantan maupun betina, disini kita harus memahami benar tentang kualitas kambing kontes, sering terjadi kesalahpahaman antar pemain kambing kontesdisebabkan kurangnya pengetahuan atau pengalaman pemain seni.

Kontes kambing etawa sering diadakan di berbagai kota secara bergilir dan memperebutkan tropi bubati, gubernur atau sejenisnya yang diselenggarakan oleh panitia setempat.

adapun beberapa kriteria kambing kontes yang dinilai diantaranya:

Postur tubuh proporsional (gemuk)
Pola warna yang teratur
bentuk kepala melengkung seperti bola
bentuk bibir kambing jadil
mata sipit
tanduk melengkung mengikuti
ekor tegak
testis 2 buah
kebersihan kambing
rewos belakang lebat
gomba lebar
tinggi badan sesuai standar kelas masing masing yang ditentukan pihak panitia

Beberapa macam kriteria diatas adalah sebagian dari ciri fisik kambing etawa, mohon dipahami dan dipelajari bagi para pemain seni pemula agar pada nantinya tidak terjadi kerancuan atau kesalah pahaman antara pemain kontes kambing etawa, ribuan karakter kambing ada dalam kontes kambing namun ini juga gak lepas dari kebijaksanaan pihak juri untuk menentukan sang jawara, beban moral dan etika bagi para juri untuk menentukan keputusan tersebut, perlu kita maklumi dan sadari bahwa juri juga manusia yang tak lepas dari kesalahan. bisa ditolerir bilamana tidak terlalu mencolok tentang kualitas kambing antara yang juara dan yang hanya 10 besar saja. semoga bisa lebih berkembang kambing etawa