sluman slumun slamet itu kata yang terucap lirih dari mbah encep kepala erektor tower di project saya untuk mengawali mendirikan base palte dan memulai manjat bambu sebagai alat bantu erektor tower tersebut
sosok mbah encep memang udah puluhan tower dia dirikan bersama teamnya profilnya yang sederhana membuat aku sangat tertari dengan kepribadian beliau ,terlebih lagi orang nya yang ramah selalu dan menghargai orang lain tidak pernah berucap kasar ataupun menyakiti sesama pekerja baik prilaku maupun ucapanya hal yang lebih menarik lagi dan unik ternyata dia tidak pernah mengenakan alas kaki atau tidak mengenakan sandal ,kemana mana nyeker hehehe jadi ingat the sandal an .menarik sekali bukan di saat ini masih ada pula yang tidak memakai sandal dan memang ternyata setelah aku tanya tanya jawabnya santai” kan kalo gak pake sandal lebih melekat sama tower pak” jawaban yang munkin sederhana namun banyak makna yang aku simpulkan dalam benak mungkin anda pun juga memiliki pandangan dan kesimpulan sendiri,cerita lebih jauh mengenai mbah yang sering baca sluman slumun slamet ini ternyata dia juga pemberani sekali dalam ketinggian pernah suatu sore menunjukan kebolehannya memainkan tali di atas ketinggian 50 meter berjalan diatas tali tanpa menggunakan sabuk pengaman dan muluncur dari ketinggian sambil sekali kali berhenti dengan kaki sebagai topangan sedang tangan bertepuk dan menari nari wuihhhh..anda berani melakukan hal tersebut wah wah kalo aku di jamin gak berani lebih ngeri lagi dia meluncur kebawah dari ketinggian 70 meter dengan kepala di bawah weleh weleh aku heran sedang temen temen saya yang suka masangin antena wireles untuk ISP aja dengan tower trianggle ketinggian 15 m sampe 40 m aja sabuknya selalu dikait terus ini lenggang tanpa sabuk pengaman gila bener…….satu kesempatan aku ngobrol panjang lebar malam itu dengan dia iseng iseng nanya nanya
Aku : Mbah kok berani sekali sih atraksi gitu gitu
Mbah : kan udah doa sluman slumun slamet hehehe ( sambil nyengir )
Aku : mbah apa yang mendorong keberanian itu hingga mbah bisa hebat gitu
Mbah : Saya kan pasrah pak pada Allah dan mencoba selalu berserah,begitu pula dengan kerjaan,pak saya senang aja tulus iklas untuk cariin anak bini hehe ya kita nikmati dan syukuri
Aku : mbah kalo 2 mbah ada kerjaan laen gitu umpama di angkat jadi pegawai negri mau mbah
Mbah : Hwalah bapak ini ada ada bae ya maulah kan duitnya banyak dan kalo kurang banyak bisa kroupsi hehe
Aku : kok gitu mbah ?
Mbah : Lha kan emang yang punya ksempatan kruopsi kan disitu kalo kita ini mau kropsi apa pak ,bapak sendiri kan gak bisa hehe cuman dapet untung kalo proyek lancar dan hemat yang laen kan di awasi ketat hehe
Aku : lha kok mbah bisa bilang kalo pegae negri banyak yang kropsi
Mbah : lha banyak contone tho pak …bapak kan juga sering liat tipi banyak lah gak koropsi duit ya koropsi waktu wah akeh mas
Aku : Wah jadi kayak pengamat politik aja mbah
Mbah : Lha emang kok kalo pegae negri kan gagahan besar pala kesana kesini pethathang pethenteng kaya paling top dan pinter aja , baru jadi guru belum puluhan tahun aja sudah menggurui orang laen dan sok pinter
Aku : mosok gitu mbah kok saya jarang lihat yang kayak gitu mbah
Mbah : Pak Totok kan cuekan sih hehe banyak di kampung saya yang gituan mas
pake mobil cicilan aja dah nggak kenal tetangga ……
Aku : dah mbah gak baek ngomongin jeleknya profesi itu orangnya yang jelek
eh mbah kok terus semangat sih ada doa doa khusus gak mbah
Mbah : woalah doa gak banyak banyak mas yang penting jiwa kita bersih dari merugikan orang dan slalu iklas aja pak.
Aku : woh iya ya mbah pasrahdan kebersihan hati dari percelaan menjadikan dirikita berani dalam melakukan apapun doain aku juga ya mbah biar selalu lancar bekerja dan iklas
(sambil menyulut rokok aku minta diri menyudahi obrolan sambil bilang sluman slumun slamet ) haha jadi inget bos blogger yang namanya sluman slumun slamet ternyata ampuh juga hehehe

Tulisan ini di buat di lokasi project tower Batu Marta IV Kec Madang Suku III Oku Timur Sumsel